Tuesday 1 May 2012

Tutorial Instalasi Windows XP SP3 (Tanpa Gambar)

Bismillah, Siapa sih yang gak tau nama Operating System yang satu ini? ya kalau yang dari jaman tahun 2000-an mungkin sangat mengenal akrab sekali dengan Operating System satu ini, siapa lagi kalau bukan Windows XP.  Yang saya tau untuk dan sampai saat ini Windows XP SP3 merupakan keluaran paling terakhir dari semua edisi Windows XP, kenapa dibilang paling terakhir, hal ini dikarenakan, Sudah banyak Operating System yang dimiliki perusahaan Mincrosoft Windows tentunya seperti, Windows Vista, Windows 7, dan yang terbaru Windows 8 yang akan segera liris. Buat penikmat Windows XP
seperti saya mungkin sedikit banyak cukup membuat kecewa, ya mau tidak mau harus meng-upgrade PC/Laptop lama dengan yang baru.

Oke, gak perlu ikut panjang lebar, mungkin tutorial ini sangat singkat saja, tapi karena menggunakan media gambar mungkin agak sedikit panjang, oke cekidot gan, berikut ada lah petunjuk Instalasi Windows XP SP3 dalam bentuk Text

Step 1 
Booting CD Windows XP anda hingga muncul Set up Windows XP, pastikan anda telah melakukan pengaturan First Boot pada Bios anda

Step 2
Membuat Partisi Hardisk, Jika sebelumnya tidak mempunya partisi, atau hardisk anda belum terpartisi sebelumnya, anda sangat PENTING melakukan pembagian partisi. Contoh jika HDD (Harddisk) 10GB, Created di disk C sebesar 8GB, dan Created di disk D sebesar 2GB (sisa total dari partisi yang 10GB tadi). Jika Anda punya HDD 200GB atau lebih, anda bisa membuat 2 atau 3 partisi, Contoh di disk C 50GB, di disk D 75GB, dan di disk E 75GB. Silahkan anda aplikasikan sendiri.

Step 3
Tekan Enter pada partisi C (biasanya terletak paling atas), kemudian System akan bertanya ingin memformat dalam format apa. Biasanya akan terdapat pilihan format dalam bentuk NTFS, NTFS(quick), dan FAT. Namun untuk kali ini pilih saja format NTFS(quick), dan secara otomatis instalasi akan memformat disk C tersebut dan meng-copy file dari CD Windows XP yang anda gunakan tadi, setelah selesai Komputer anda akan restart sendiri.

Step 4
PENTING ! Jangan Menekan tombol apapun pada keyboard anda, hal ini dikarenakan dapat mengulang ke proses pembagian partisi dan copy file yang sebelumnya telah terlewati.

Step 5
Selanjutnya pada tampilan layar komputer anda akan muncul tampilan GUI Windows XP, pada bagian ini anda tingga mengisi informasi yang anda butuhkan sebagai pengguna komputer tersebut. Yaitu berupa Serial Number, Lokasi, Nama anda, Organisasi, Pengaturan waktu. dan anda cukup menekan tombol Next untuk melewati tiap tahapan pengisian, selanjutnya komputer akan restart kembali.

Step 6
Setelah komputer restart untuk kedua kalinya, anda akan diminta untuk mengatur tampilan display komputer anda, pilih saja OK untuk melanjutkan.

Step 7
Sedikit lagi tahapan pada penginstalan Windows XP ini, dan anda tingga mengisi informasi berupa nama komputer anda, update Windows, dan koneksi internet, pilih saja tombol Next untuk melanjutkan ke semua tahap.

Step 8
Selanjutnya akan muncul tampilan Windows, dan penginstalan pun telah selesai.

Selamat mencoba, jangan lupa untuk meninggalkan komentar Anda untuk postingan saya. "..Tiada kesan tanpa komentar Anda.."

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentarnya gan