Thursday 17 May 2012

Konfigurasi jaringan Peer to Peer

Bismilah, kali ini saya akan membagi ilmu saya seputar sharing jaringan menggunakan kabel, tepatnya model Peer to Peer. ada yang udah pernah ngetes konfigurasi ini? kalau belum akan saya kasih tau terlebih dahulu fungsi dari konfigurasi ini. Ya konfigurasi Peer to peer ini hanya berlaku untuk device yang sama, ya dalam arti hanya untuk 2 media yang sama. Kenapa? karena konfigurasi ini harus menggunakan kabel UTP dengan konfigurasi / model Crossover. Kenapa harus Crossover? hal ini sudah saya jelaskan sebelumnya di postingan saya
yaitu Pengkabelan Crossover & Straight. Selanjutnya silahkan anda persiapkan telebih dahulu alat dan bahan yang di perlukan seperti pada gambar dibawah.


Step1
Kupas salah satu ujung kabel, kemudian susun kabel utp yang terdiri dari 8 jenis warna kabel berbeda dari kiri ke kanan. dengan susunan warna : putih jingga, jingga, putih hijau, biru, putih biru hijau, putih coklat, coklat. kemudian pasang RJ45 pada ujung kabel. Peringatan! (pada saat pemasangan kabel utp ke RJ45 pastikan anda melihat RJ45 pada bagian bawahnya yang terdapat plat kuningannya). jika sudah anda masukkan dengan benar silahkan anda jepit kabel utp dan RJ45 tadi menggunakan alat crimping. dan satu sisi kabel utp anda telah selesai.

Step2
Dan pada sisi kabel utp yang lainnya silahkan kupas dan kemudian susun dimulai dari sebelah kiri dengan urutan warna: putih hijau, hijau, putih jingga, biru, putih biru, jingga, putih coklat, coklat. dan tahap selanjutnya sama seperti pada sisi kabel sebelumnya.

Sebelumnya saya mohon minta maaf dulu karena Step 3 dan seterusnya ini gambarnya belum tersedia berhubung rumah saya lagi berantakan dan komputer eksperimen saya lagi gak jelas bentuknya. Secepatnya akan saya tampilkan gambar tutorialnya, harap maklum gan.
Step3
Hubungkan kedua komputer dengan kabel UTP yang barusan saja anda rakit sebelumnya, Kemudian seting IP masing masing komputer. (misal: kompi1 IP 192.168.1.7 & kompi2 IP 192.168.1.4). Untuk mencoba apakah sudah terhubung silahkan buka Command Prompt dan ketikkan di salah satu komputer misal pada kompi1 ping 192.168.1.4 -t (dimana IP 192.168.1.4 adalah IP kompi2) jika sudah terhubung biasanya dibawahnya akan muncul command reply from 192.168.1.4... Lakukan hal yang sama pada kompi2.

Step4
Jika pada saat tes koneksi berupa ping IP masing masing komputer mengalami request time out, biasanya hal itu terjadi karena firewall komputer yang masih aktif.

Sekian dari saya konfigurasi jaringan Peer to peer diatas, mungkin masih banyak kekurangan dikarenakan gambar pendukung tutorial ini belum saya screenshot. 

Selamat mencoba, jangan lupa untuk meninggalkan komentar Anda untuk postingan saya. "..Tiada kesan tanpa komentar Anda.."

1 comment:

  1. terima kasih gan, sangat membantu sekali artikelnya :D

    ReplyDelete

Silahkan komentarnya gan