Thursday 10 May 2012

Pengkabelan Crossover & Straight

Bismilah, kali ini saya akan sedikit sharing pengalaman saya selama jaman sekolahan dulu, yaitu tentang pengkabelan menggunakan kabel UTP, seperti yang telah saya posting sebelumnya tentang Apa itu kabel UTP sekarang kita telah setingkat lebih dari pengertian pengkabelan tersebut, karena saya akan menjelaskan tentang model pengkabelan dengan Crossover & Straight. dimana keduanya mempunyai metode
berbeda dalam proses pengkabelannya / penyusunan kabelnya. Berikut adalah keterangan mengenai kedua konfigurasi kabel Crossover & Straight itu.

Dalam menghubungkan jaringan Ethernet dengan menggunakan kabel UTP Category 5 yang dibahas sebelumnya di Apa itu kabel UTP , terdapat dua strategi pengabelan, yakni Crossover cable dan Straight-through cable

Kabel Crossover 
Digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama (NIC dengan NIC lainnya, hub dengan hub yang lainnya dan lain-lain). Berikut adalah gambar dan susunan kabel Crossover



Kabel Straight 
Digunakan untuk menghubungkan NIC dengan hub atau NIC dengan switch. Berikut adalah gambar dan susunan kabel Straight



Selamat mencoba, jangan lupa untuk meninggalkan komentar Anda untuk postingan saya. "..Tiada kesan tanpa komentar Anda.."


2 comments:

Silahkan komentarnya gan