Tuesday 2 June 2015

Motion Tween dan Shape Tween (Part 1)


Halo Sahabat blogger, selamat datang di postingan tutorial lagi (yay!) Kali ini Saya akan sharing sedikit apa itu Motion dan Shape Tween harap di simak ya. Tween adalah istilah keren untuk melakukan perpindahan / transisi / animasi pada flash itu menurut aku basicnya. Nah menurut ke ilmuannya,

Motion Tween, adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. sebagai contoh anda ingin menggerakan suatu bola dari kiri ke kanan, bisa objek 2D & 3d. Dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek, untuk contoh pembuatan animasi motion tween sederhana dapat di lihat dibawah :
buatlah contoh seperti objek lingkaran ini
  • Pertama Buatlah lembar kerja baru, dengan ukuran lembar kerja sebutuhnya saja, kali ini Saya memakai 400x400 px.
  • Untuk membuat lingkaran gunakan Oval Tool, ataiu tekan saja O pada lembar kerja.
  • Klik dan drag maka Anda akan melihat satu objek lingkaran, jika tidak bulat sempurna gunakan tombol shift, jadi shift + klik drag dan tada! hasilnya bulat sempurna seperti diatas.
Tujuan kita sekarang yaitu memindahkan objek lingkaran tadi dengan menggunakan Motion Tween, yang tadinya objek berada di sebelah kiri akan kita pindahkan ke kanan. Berikut adalah tahapannya dibawah.
Insert keyframe di frame 20!









Sesudah insert keyframe


  • Insert Keyframe di sini berfungsi mengatur berapa banyak frame yang di gunakan dalam per detik, Anda bisa ke frame 100, 50 ataupun 5, itu semua tidak masalah.
  • Nah pada layer 1 frame 20 pindahkan objeknya ke sebelah kanan dengan di drag saja.
  • Kemudian pada rentang frame 1 sampai 20 klik kanan dan pilih Create Motion Tween, seperti pada gambar di bawah.
Sesudah Create Motion Tween
Jika Anda mengikuti pedoman saya di awal, seharusnya akan berjalan dengan baik, untuk melihat animasinya berjalan tekan Ctrl + Enter. Berikut adalah hasil dari tahap-tahapan yang telah di lakukan barusan, dan terdapat juga file .fla jika Anda berminat,
Hasil Motion Tween dimensi 400x400 px
Link Unduh motion-tween.fla : motion-tween.fla

Untuk Motion Tween dan Shape Tween (Part 2) akan saya posting beberapa jam lagi, sampai jumpa lagi, dan terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat cheers!

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentarnya gan