Sunday 7 June 2015

Cara Membuat Masking Sederhana dengan Adobe Flash

Cekidot guys!
Halo Selamat malam sahabat blogger, postingan kali ini Saya akan membahas tentang membuat masking dengan adobe flash. Yang jadi pokok utamanya pertama; apa itu masking? yang ke dua; bagaimana tahapan membuatnya? Nah kedua pokok masalah diatas akan Saya uraikan dengan jelas di postingan ini. 

Apa itu masking? ( hmmm.. )

Masking adalah menampilkan satu objek dengan batas dari objek lain, belum ngeh? gini misal ada permasalahan dengan contoh 2 layer berbeda layer 1 dan layer 2, dengan posisi layer 1 di bawah layer 2 diatas, ketika layer 2 di "Mask" maka akan terdapat perpotongan objek antara 2 layer tersebut dan akan menampilkan layer 1 yang terkena potongan layer 2.
Masih belum ngeh juga? langsung saja kita mulai ke tahapan pembuatannya biasanya akan lebih paham kalau langsung praktek di bawah ini
  • Pertama yang harus di lakukan adalah buat lembar kerja baru, Saya menggunakan 400x400px  background saya pilih agak ke abuan.
  • Kemudian tambahkan layer sehingga menjadi 2 layer, yaitu layer 1 dan layer 2 seperti di bawah ini urutannya :
Keadaan layer awal
  • Buatlah objek pada ke dua layer tersebut, sebagai contoh Saya memberi objek Text pada layer 1 dengan warna ke kuningan dan pada layer 2 saya memberikan objek Shape dengan warna putih.
  • Aturlah sedemikian rupa hingga mendekati hasil yang Saya contohkan di bawah ini :
Buatlah objek seperti ini
  • Pada frame ke 25 di layer 1 klik kanan Insert Frame
  • Pada frame ke 25 di layer 2 klik kanan Insert Keyframe
  • Selanjutnya pada frame ke 25 di layer 2, Drag objek Shape berwarna putih ke arah sebelah kanan, kemudian beri efek Motion Tween (klik kanan di antara frame 1-25 di layer 2 pilih Motion Tween) dan hasil dari ke tiga tahapan di atas akan seperti gambar di bawah ini :
Hasil dari 3 tahap diatas
  • Nah pada sentuhan akhir inilah kita mulai menggunakan Mask, yaitu dengan klik kanan pada layer 1 kemudian pilih Mask, akan terlihat perbedaan pada bentuk layer yang menandakan telah terjadi penggunaan Mask, dan hasilnya seperti pada gambar di bawah :
Perbedaan terlihat pada layer
Untuk melihat hasil kerja tekan Ctrl + Enter dan akan terlihat bentuk animasi maskingnya, animasi masking ini bisa juga di gunakan dengan objek gambar bukan hanya Text seperti yang Saya contohkan pada postingan ini. Dan ini adalah hasil tahapan di atas berupa sourcenya saja masking.fla silahkan unduh jika ingin melihat hasilnya 

Source : masking.fla

Terima kasih telah berkunjung dan membaca postingan saya, kurang lebihnya Saya mohon maaf semoga bermanfaat buat sahabat semuanya, sampai jumpa di postingan berikutnya cheeerrrs!!

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentarnya gan