Tuesday 19 August 2014

Cara Install font di windows


Selamat siang sahabat blogger, kali ini saya akan berbagi pengetahuan cara install font di windows, atau bisa disebut install font diluar default font windows. Hal ini biasanya berguna untuk menghilangkan jenuh dengan gaya font windows yang kebanyakan hanya itu-itu saja. biasanya yang hobi nulis dongeng atau desain untuk iklan pada banyak menggunakan font diluar fonts bawaan komputer anda. Nah tanpa langsung panjang lebar langsung saja ke tahapan-tahapan dibawah.

1. Sediakan terlebih dahulu font yang kamu inginkan.

Dalam sampel kali ini saya mengambil font dari situs font yang sudah cukup lama kiprahnya dan memang font yang terdapat di web tersebut sangat menarik dan mempunyai berbagai macam kategori sebut saja 1001 fonts link : http://www.1001fonts.com/ 
tampilan 1001 fonts
dalam sampel ini saya menggunakan font yang saya beri tanda kotak kuning diatas, langsung saja download font tersebut.
2. Buka dan Ekstraklah font download tersebut sehingga hasilnya seperti dibawah ini.
hasil ekstrak
3. Nah ditahapan ini tinggal masuk ketahan install fontnya. Buka Control Panel > Appearance and Personalization > Fonts lalu copy hasil ekstrakan fonts tadi "Mf Summertime.ttf" ingat yang hanya ber-ekstensi ".ttf" saja. Kemudian paste ke area yang terdapat banyak font seperti pada gambar dibawah.
install font
Tunggu hingga loading instalasi seperti gambar dibawah ini menghilang.
sedang install font
Maka jika sudah hilang, lihatlah akan terdapat font yang Anda install tadi yaitu dalam sampel ini "Mf Summertime" seperti gambar dibawah.
hasil install font
Nah tahapan instalasi fontnya sudah selesai, ingin langsung mempraktekannya? atau takut tidak berhasil? jangan takut, font ini bisa kok digunakan di aplikasi windows seperti contoh office, potoshop, notepad, dll. Sebagai sampel saya kasih contoh hasil yang saya tes di notepad seperti pada gambar dibawah hasil outputnya.
output di notepad
Walaa, selesai juga, simpel bukan caranya? sekian dulu postingan dari saya, jangan lupa kasih komentar ya, sampai jumpa lagi...

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentarnya gan