Sunday 25 August 2013

Tips Agar Baterai Android Lebih Awet


Taufiq Ismaya Blog, Assalamualaikum. Keawetan baterai masih menjadi isu yang amat penting dalam penggunaan Smartphone, termasuk Android. Smartphone canggih akan kurang canggih jika baterainya cepat habis bukan? Dengan kapasitas dan teknologi yang semakin berkembang didalam sebuah Smartphone Android, maka dewasa ini pada dasarnya Smartphone Android sudah menggunakan baterai yang lebih bagus dari keluaran Smartphone Android edisi lama. Namun ada beberapa cara untuk mengoptimalkan atau lebih tepatnya memaksimalkan daya baterai Smartphone Android anda. Memang cara-cara ini sudah terlalu awam, dan tidak ada salahnya jika saya memberikan kepada Anda beberapa Tips yang mungkin Anda sudah tau atau belum tau sama sekali.

Tips :
1. Kurangi Kecerahan Layar (Brightness)

Brightness

Maksudnya dalam hal ini adalah, boleh saja mengurangi kecerahan layar sampai ke tingkat lebih rendah tapi hal tersebut tidak terlalu dianjurkan. Kurangi kecerahan layar Anda sampai batas tertentu, sehingga Anda tidak kesulitan melihat layar Smartphone Anda pada cahaya yang terang atau di siang hari.
Q : Kenapa Kecerahan Layar?
A : Karena pada umumnya memang komponen utama yang paling banyak menghabiskan daya tahan baterai Smartphone Anda.
2. Kurangi Waktu Layar Mati (Screen Timeout)

Screen Timeout
Setting Screen Timeout juga perlu diperhatikan. Setting ini mengatur berapa lama layar akan mati saat tidak digunakan atau tidak disentuh. Ada baiknya mempersingkat waktu layar untuk mati sendiri. Sehingga layar akan segera mati jika tidak dipakai dan dapat memperpanjang umur baterai Smartphone Anda.

3. Jaga Suhu Ponsel Agar Tidak Terlalu Panas (Overheating)

Overheating
Jika Smartphone Anda terkena suhu panas, ada kemungkinan baterai melemah daya tahannya dan juga lebih cepat rusak. Karenanya jangan biarkan ponsel terpapar suhu panas berlebihan atau terkena sinar matahari secara langsung. Baterai akan lebih awet jika berada pada suhu kamar.
Q : Jadi jika ingin digunakan di luar ruangan bagaimana?
A : Dianjurkan untuk lebih banyak menyimpan Smartphone didalam tas. Kalau ingin dikeluarkan seperlunya saja, kalau bisa hindari dengan pantulan sinar matahari secara langsung.
4. Gunakan Power Saving Mode

Power Saving
Sebagian Smartphone Android memilki Power Saving Mode yang bisa diakses dari pengaturan Smartphone Android anda. Jika anda mengaktifkan Power Saving Mode biasanya pengaturan mode tersebut akan mengoptimalkan beberapa cara untuk menghemat baterai Smartphone Anda seperti, Mematikan Wifi / Transfer Data / jika layar mati atau sedang tidak digunakan.

5. Matikan Mode Getar (Vibrasi)

Vibrate
Mengaktifkan mde getar atau vibrasi untuk mengingatkan panggilan atau notifikasi lain juga cukup haus baterai dan menguras daya baterai Smartphone Android Anda. Jika tidak diperlukan, sebaiknya mode getar tidak di aktifkan.

6. Berhenti Mencari Sinyal

No signal!
Ada saatnya pengguna Smartphone Android Anda berada di area yang susah sinyal. Dalam keadaan ini, ponsel tetap akan secara aktif mencari sinyal. Proses pencarian sinyal tersebut memakan daya tahan baterai yang tidak sedikit. Sehingga jika tidak benar-benar diperlukan, Smartphone dimatikan saja atau aktifkan saja flight mode, sehingga proses sinyal dihentikan.

7. Perhatikan Penggunaan Wallpaper

Wallpaper
Memakai wallpaper animasi terasa lebih keren dan lebih menarik dibandingkan wallpaper statis. Namun Wallpaper bergerak menghabiskan baterai Smartphone Android Anda lebih cepat ketimbang wallpaper gratis. Gunakan hanya saat dibutuhkan, untuk kasus ini mungkin hanya pada saat ingin pamer ke teman-teman Anda :D.

8. Matikan Koneksi Yang Tidak Perlu

Koneksi
Smartphone Android biasanya penuh dengan konektivitas. Termasuk Wi-fi, Bluetooth ataupun GPS. Ketiganya menurunkan daya tahan baterai yang tidak sedikit. Maka jika tidak digunakan ada baiknya ketiga fitur tersebut dimatikan saja. Dan GPS hanya perlu diaktifkan jika akan mencari arah. dan Wi-fi hanya dinyalakan jika dilokasi anda terdapat sinyal Wi-fi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentarnya gan